PEMBINAAN APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) DI LINGKUNGAN KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MADIUN OLEH BAPAK DR. H. HUSNUL MARAM, M.H.

Kab. Madiun – Pelaksanaan Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Madiun oleh Bapak Dr. H. Husnul Maram, M.H., dilaksanakan pada Kamis, 18 Januari 2024. Yang dihadiri oleh Kasubbag TU/Kasi/ Penyelenggara, Pengawas, seluruh Kepala Satker dan Kepala KUA se-Kab Madiun, KTU, Penyuluh Fungsional, Penghulu, Waka Madrasah, Kepala Definitif dan ASN pada Kantor Kemenag Kab. Madiun.

Beliau juga memberikan penguatan dalam moderasi beragama, moderasi beragama merupakan perekat antara semangata beragama dan komitmen berbangsa. Di Indonesia, beragama pada hakikatnya adalah ber-Indonesia dan ber-Indonesia itu hakikatnya adalah beragama. Moderasi beragama menjadi sarana mewujudkan kemaslatan kehidupan beragama dan berbangsa harmonis, damai dan toleran bagi bangsa Indonesia yang maju. Dalam bermoderasi beragama kita memiliki indikator toleransi, anti kekerasan dan adap budaya setempat.

Toleransi merupakan sikap untuk tidak mengganggu dan memberikan ruang bagi orang lain untuk melaksanakan kewajibannya dalam beragama. Toleransi juga selalu disertai sikap hormat dan menerima orang yang berbeda sebagai bagian dari diri kita dan berpikir positif.

Anti kekerasan, melakukan sebuah perubahan dan penyelesaian masalah bukan dengan sebuah kekerasan yang bisa merugikan semua pihak. Apalagi kekerasan yang dilakukan pada umat beragama lain.

Moderasi beragama dalam adab budaya setempat, pndekatan kebudayaan dapat menjadi kunci membangun paradigma dan sikap moderasi beragama. Di sisi lain, dapat pula menahan pengaruh penetrasi radikalisme beragama. Sehingga dapat menciptakan kerukunan dan persatuan antar bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *